Kamis, 07 Mei 2020

Tetap Sehat Di Masa Rehat Selama Pandemi (Work From Home)

Tetap Sehat Di Masa Rehat Selama Pandemi

1.       Rencanakan waktu malam.

Pesta dan makan besar membuat orang melupakan satu kebiasaan penting, yaitu makan teratur.  Terkadang orang akan berkata “nanti saja aku makan, sedang tidak ada waktu untuk saat ini”, itu salah besar. Efek melewatkan sarapan atau makan siang adalah balas dendam pada waktu malam, yang tentunya tidak bagus bagi pencernaan. Dengan makan teratur, menurut Laura Maclean, ahli diet dari Edmonton University, Kanada, Anda akan mengambil porsi lebih sedikit. “Tidak lapar mata, tapi tetap menikmati,” katanya. Mulailah dari bagian sayuran atau buah lebih dahulu, baru beringsut ke makanan besar.

2.       Fokus

Kebersamaan dengan keluarga merupakan waktu yang langka. Maka, nikmati percakapan dan suasananya. “tunggu dua puluh menit untuk mengambil piring kedua,” ujar Aliana Z., ahli detoksifikasi yang juga chef makanan mentah di Miami. Otak butuh waktu sekitar 20 menit untuk menerima pesan lengkap dari perut dan sistem pencernaan. Jadi, biarkan otak bekerja hingga paripurna. Aliana menambahkan, penundaan 20 menit membuat tubuh Anda memiliki metabolisme pencernaan yang baik srta membuat Anda bahagia dan puas.

3.       Jaga hidrasi

Minum cukup air akan menjaga hidrasi Anda. Terkadang, menurut dokter gizi Lisa Young, “Kita merasa lapar padahal mungkin sebenarnya kita merasa haus” ujar profesor pembantu di New York University ini. Young menyarankan untuk memilih air putih atau teh herbal. Tentunya juga buah dan sayur yang mengandung air berlimpah, seperti semangka dan mentimun.

4.       Tetap rutin berolahraga

Meski tidakada tepat kebugaran, aktivitas fisik tetap bisa berjalan. Selain menjaga kadar kalori, joging atau bersepeda bersama justru emiliki nilai tambah, yaitu mempererat kekeluargaan. “bersenang-senang tidak harus dalam bentuk makanan,kan?” kata Profesor Kirk.

5.       Cukup Tidur

Tidur yang cukup adalah faktor penting untuk menjaga berat badan. “Ketika kita kurang tidur, hormon pun akan terganggu,” ujar Laura Maclean, pakar diet dan nutrisi dari University of Alberta, Kanada. Menurut dia, rasa lapar naik hingga 30 persen pada mereka yang kurang tidur sehari sebelumnya. Jadi, meski sedang asik-asiknya bercengkrama dengan teman dan saudara di saat dirumah, waktu tidur tidak boleh ditawar.


0 komentar:

Posting Komentar