Senin, 30 Maret 2020

Cara Melakukan Push-Up Yang Benar


 Mula-mula Jauhkan tubuh dalam posisi seperti hendak berbaring tetapi tubuh kemudian ditahan oleh kedua belah tangan. Antara kepala, punggung, pinggul, dan kaki usahakan lurus dalam satu baris dari kepala sampai kaki sehingga membentuk 40 derajat dari lantai. Untuk wanita, posisi badan ditahan dengan jari-jari terbuka, sedangkan untuk pria posisi badan ditahan dengan tangan mengepal. Kemudian turunkan tubuh anda pelan-pelan sampai dada menyentuh lantai, tahan beberapa detik, kemudian angkat tubuh kembali seperti posisi semula. Jagalah agar badan tetap lurus selama pergerakan tadi. Bernafaslah sebagai berikut: tarik nafas perlahan-lahan dan kemudian tahan nafas Anda pada waktu mendorong badan ke atas, dan keluarkan nafas waktu menurunkan badan (satu babak latihan). Lakukan gerakan ini sekurang-kurangnya selama sepuluh babak/ 10 kali.
Manfaat. Gerakan Push-up dirancang untuk menguatkan dan mengencangkan badan bagian atas, terutama mengembangkan otot-otot dada dan trisep (lengan atas belakang). Latihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot-otot gelang bahu (shoulder-girdle), persendian siku, memperkuat tulang belakang, dan memperbesar volume paru-paru dalam menghirup oksigen.
Perhatian. Masalah yang paling umum terjadi pada waktu melakukan latihan ini adalah melengkungkan pinggul, atau mengangkat bokong ke atas. Hal ini kurang baik, karena tidak hanya memaksa memindahkan berat badan ke tungkai atas sehingga mengurangi beban latihan untuk badan bagian atas, uga menyebabkan penekanan pada ruas-ruas tulang pinggang Anda. Oleh karena itu, agar Anda tetap merupakan garis lurus, otot-otot pada perut dan pinggang dikerjakan secara isometrik (panjang tetap). Dengan demikian, Anda akan mendapat keuntungan secara bersamaan, yaitu menguatkan otot-otot bagian tengah badan. Jika dikerjakan demikian, maka push-up dilakukan dengan beban yang maksimal pada seluruh gerakannya. Akan tetapi, bila badan Anda masih mengalami kesulitan untuk bersikap lurus, kembalilah pada latihan-latihan dengan intensitas yang lebih rendah sampai kekuatan Anda cukup untuk meningkatkan posisi badan Anda betul sepenuhnya. Untuk kamu wanita, terutama bagi pemula, sanggalah berat badan Anda dengan lutut, tidak pada jari kaki.

0 komentar:

Posting Komentar