Jumat, 20 November 2020

Bagaimana cara agar jogging diluar rumah tetap aman selama masa pandemi?


 

            Dilansir dari cbsnews.com, Saat banyaknya gym atau tempat berolahraga tutup karena adanya anjuran untuk stay di dalam rumah, jogging/berlari adalah salah satu aktivitas fisik paling nyaman untuk kita lakukan sendiri. Meski ada kemungkinan berisiko untuk terpapar virus corona, para ahli mengatakan bahwa olahraga dapat bermanfaat untuk melawan virus, serta ada banyak tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi diri kita sendiri dan juga orang sekitar.

            Dalam sebuah penelitian, seorang peneliti dari Appalachian State University menemukan bahwa aktivitas fisik dengan intensitas sedang dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk melawan virus dan juga mengurangi morbiditas serta mortalitas dari infeksi virus dan penyakit pernapasan termasuk flu biasa, pneumonia, dan influenza.

            Oleh karena itu, menurut David C. Neiman yang menulis studi tersebut, strategi utama untuk mencegah risiko yang ditimbulkan oleh COVID-19 adalah dengan mengadopsi praktik gaya hidup yang konsisten dengan system kekebalan tubuh yang baik, termasuk olahraga.

            Profesor Erin Bromage, Ahli Imunologi Komparatif dan Profesor Biologi di Universitas Massachusetts Dartmouth, setuju bahwa ada manfaat berolahraga untuk kesehatan selama pandemi. Tapi dia juga memperingatkan untuk mempertimbangkan lingkungan sekitar kita sebelum memulai olahraga.

            Bromage menambahkan, bahwa saat kita jogging/berlari dapat melepaskan lebih banyak partikel virus karena bernapas dalam-dalam, dan waktu pemaparan virus dapat berkurang karena kecepatan kita dalam bergerak. Risiko terinfeksi juga dapat dihindari dengan tetap menjaga jarak ketika kita berlari. Dia merekomendasikan tindakan pencegahan dasar seperti mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah.

            Kita juga dapat mencegah penyebaran virus dengan mengenakan masker saat berlari di luar, seperti yang disampaikan Brian Labus, asisten profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Nevada. Dia menyampaikan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk berolahraga ketika cuaca dingin atau panas. karna suhu tidak terlalu berpengaruh dalam penularan penyakit.

            Jadi, tidak masalah untuk tetap beraktivitas seperti berlari diluar ruangan, yang perlu diperhatikan adalah mengurangi interaksi serta kontak fisik seminim mungkin dengan orang lain. Dan jangan lupa protocol kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker jika berada di tempat yang cukup ramai.

0 komentar:

Posting Komentar