Jumat, 31 Juli 2020

Aturan-Aturan Ideal Latihan

Aturan-Aturan Ideal Latihan

Agar latihan seni beladiri tenaga prana Anda mncapai hasil optimal, maka Anda harus memperhatikan aturan-aturan ideal latihan berikut ini.

  1.  Latihan sebaiknya dilakukan secara bersama di lapangan yang terbuka atau ruangan yang cukup peredaran udaranya. Jangan berlatih di dekat tempat pembuangan limbah, tong sampah, atau udara yang tercemar, baik oleh sampah knalpot mobil, maupun cerobong asap pabrik, mengancung gas-gas polutan seperti karbon monoksida, timbal (timah hiitam), dan karbon dioksida yang membahayakan kesehatan manusia. Zat-zat itu dapat berpindah ke dalam tubuh manusia melalui pernapasan
  2.     Gunakan pakaian latihan yang cukup longgar saat berlatih atau menggunakan seragam latihan yang telah ditetapkan oleh perguruan. Jangan sekali-kali memakai pakaian yang ketat atau mengenakan kat pinggang karena akan mengganggu pernapasan abdomen Anda sehingga mengganggu proses latihan.
  3. Sewaktu melakukan olahraga, sebaiknya Anda tidak mengenakan alas kaki karena saat berolahraga, kaki harus mencengkram tanah. Dengan sikap demikian, adanya penekanan titik-titik akupuntur yang terdapat pada ujung jari kaki, telapak kaki, dan tumit akan berpengaruh positif bagi kesehatan tubuh Anda.
  4.  Jangan berlatih dengan lambung yang penuh. Usahakan agar tidak memakan makanan berat dua jam sebelum berlatih , karena perut yang kenyang akan membuat gerakan abdomen tidak bebas dan napas Anda menjadi pendek
  5. Jangan berlatih dengan pakaian yang ketat. Dengan kata lain, pakaian ketat membuat Anda kurang lega bernapas sehingga aliran oksigen ke paru-paru tidak sempurna, yang berarti pula oksigen ke paru-paru tidak sempurna, yang berarti pula oksigen ke paru-paru tidak sempurna, yang berarti pula oksigen dalam darah berkurang. Hal ini mengganggu sirkulasi darah, padahal kelancaran sirkulasi darah merupakan salah satu tujuan berolahraga.
  6. Berhentilah merokok karena merokok bukan hanya merusak paru-paru, tetapi juga merusak pembuluh darah dan jantung.
  7. Biasakan banyak minum air putih, makan sayur, dan buah-buahan segar. Jangan makan berlebihan dan hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak.
  8. Hindari minum air dingin atau makan minimal lima belas menit setelah latihn karena kondisi tubuh Anda masih dalam keadaan panas. Makan besar sebaiknya dilakukan satu jam setelah latihan.
  9. Jangan mandi setelah berlatih karena mandi akan menurunkan suhu tubuh Anda secara drastis. Akibatnya, Anda bisa terkena masuk angin karena tubuh Anda masih panas setelah berlatih.Tunggulah paling sedikit satu jam setelah latihan.

0 komentar:

Posting Komentar