Rabu, 30 Oktober 2019

TERBENTUR??? MEMAR KARENA TERBENTUR??? APA YANG HARUS KITA LAKUKAN???

 
TERBENTUR???
MEMAR KARENA TERBENTUR???
APA YANG HARUS KITA LAKUKAN???

Kita semua pasti pernah mengalami yang dinamakan dengan luka. Luka dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti: Terkena pisau atau silet, paku, digigit binatang peliharaan, dan lain-lain. Untuk kali ini kita akan membahas topikketika kita luka akibat terbentur. Apa yang harus kita lakukan ketika mengalami luka akibat terbentur??? Apakah dikasih air panas??? Apakah diberi air dingin???
Ketika kita terbentur sesuatu sehingga mengalami memar. ada beberapa  hal yang perlu kita perhatikan dan kita lakukan sebagai pertolongan pertama setelah mengalami benturan.  Terlebih dahulu kita harus mengetahui dan memeriksa lokasi terbentur terlebih dahulu. Apabila yang terbentur adalah kepala, maka kita harus perhatikan gejala berikut ini:
a.       Terjadi penurunan kesadaran;
b.      Merasa pusing;
c.       Merasa mual;
d.      Muntah;
e.      Lupa ingatan
f.        Kejang.
Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya anda langsung ke Rumah Sakit terdekat. Hal ini dikarenakan gejala-gejala di atas, bisa saja merupakan tanda bahwa telah terjadinya gegar otak sehingga penanganannya darurat dan harus segera dilarikan ke rumah sakit. Jika tidak terjadi penurunan kesadaran, tubuh merasa mengantuk, merasa mual, muntah, lupa ingatan, dan kejang-kejang maka anda dapat mengecek luka anda tersebut dan melakukan hal-hal sebagai berikut ini:
1.       Mengambil air es atau menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain yang halus dan lembut. Kemudian es baru yang sudah dibalut dengan kain ditempelkan atau istilah lainnya dikompres pada bagian yang terkena benturan tadi. Kita tidak boleh menggunakan air panas.

Mengapa??? Tujuan dari menggunakan air es atau es batu yang suhunya dingin adalah agar pembuluh darah kitaber vasokonstruksi atau istilah lainnya berkontraksi, sehingga penyembuhan luka akan terjadi lebih cepat karena mengurangi terjadinya pendarahan yang lebih banyak di bawah kulit atau mencegah pembengkakan di bawah kulit semakin membesar dan bertambah parah.

2.       Apabila setelah terbentur dan ternyata kulit mengalami luka sobek atau yang bisa disebut juga dengan luka terbuka. Kita harus mengecek apakah luka tersebut merupakan luka dalam atau luka tidak dalam. Jika luka yang dialami merupakan luka yang tidak dalam, maka anda dapat mencuci area yang terluka dengan air bersih yang mengalir dan kemudian dikeringkan. Setelah kering maka anda dapat memberikan antiseptic dan membalutnya dengan plester atau menggunakan kain kasa yang steril. Apabila luka sobek yang dialami adalah luka yang dalam, maka sebaiknya membalut luka tersebut dengan kain yang bersih dan mengikatnya dengan kuat lalu dibawa kerumah sakit terdekat. Karena lluka tersebut akan dibersihkan di Rumah Sakit dan apabila dirasa perlu dijahit, maka luka tersebut akan dijahit untuk menghentikan pendarahan.

3.        Langkah selanjutnya adalah, mengistirahatkan anggota tubuh yang mengalami luka. Hal ini dikarenakan bagian tubuh yang luka dapat mengalami pembengkakan, nyeri, merah, dan akan terasa sakit. Hal ini merupakan tanda-tanda peradangan dan gangguan fungsi di daerah yang mengalami luka akibat terbentur, sehingga harus diistirahatkan agar penyembuhan terjadi lebih cepat.


4.        Anda dapat  memberikan pereda nyeri. Sebaiknya obat pereda nyeri diberikan apabila anda tidak dapat menahan rasa sakit yang ada di luka tersebut, apabila anda dapat menahan rasa sakitnya, sebaiknya tidak mengkonsumsi obat pereda nyeri.

5.       Yang terakhir adalah memakan makanan yang bergizi tinggi. Dengan makanan yang bergizi tinggi, maka anda akan memberikan nutrisi pada luka anda dan luka akan semakin cepat sembuh.
                Apakah ketika kita mengalami benturan, boleh mengoleskan daerah yang terluka dengan salep??? Salep disini dapat kita sebut dengan istilah Heparin.  Heparin adalah obat yang mempunyai efek antikoagulan yang dapat mengencerkan darah. Jadi apabila terbentur, sebaiknya kita tidak memberikan salep tersebut. Sebaiknya salep tersebut diberikan pada hari ketiga atau keempat setelah benturan terjadi. Pada hari pertama dan hari ketika anda cukup kompres dengan air es atau es batu yang suhunya lebih rendah.
                Berapa lama yang kita butuhkan untuk mengkompres luka akibat benturan???. Waktu yang dibutuhkan sekitar 10-20 menit. Kemudian luka diistirahatkan selama 15 menit, dan kemudian di kompres lagi . tetapi jangan sampai mengkompres luka seharian, hal itu karena tidak baik.

nahhh,, jadi itu dia tips-tips yang dapat kita lakukan jika mengalami cedera,,, semoga bermanfaat,,, samoai jumpa di artikel selanjutnya,,, terima kasih sudah membaca :))

1 komentar:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus