Rabu, 06 Maret 2019

WING CHUN MARTIAL ART

by: Dwi Afrido Fazri

WING CHUN ( ) adalah seni bela diri Tiongkok berbasis konsep dan bentuk pertahanan diri yang memanfaatkan serangan dan pertempuran sambil berspesialisasi dalam pertempuran jarak dekat. Ini adalah seni bela diri yang relatif muda, dengan sebagian besar sejarawan setuju bahwa itu dikembangkan di Cina selatan sekitar 300 tahun yang lalu.
Menurut legenda, Wing Chun diciptakan oleh biarawati Budha Ng Mui, yang adalah master Shaolin Kung Fu. Dengan menggunakan latihan bela diri dan pengalaman pribadinya, ia mensintesiskan bentuk Kung Fu yang ringkas untuk mengeksploitasi kelemahan yang melekat pada gaya bertarung lain pada masanya dan memberikan keuntungan bagi pejuang yang lebih kecil seperti dirinya. Sistem baru ini dijaga dengan baik dan hanya diberikan kepada beberapa siswa yang berdedikasi tinggi. Gayanya dikenal sebagai Wing Chun, setelah murid pertama Ng Mui, seorang wanita bernama Yim Wing Chun.   
Wing Chun mulai diam-diam menyebar ke seluruh Cina selatan, berkembang saat diadopsi ke dalam berbagai kelompok. Itu mendapatkan popularitas ketika Grandmaster Ip Man mulai mengajar secara terbuka di Cina dan Hong Kong. Murid-muridnya melanjutkan evolusi, dan menyebarkan Wing Chun ke seluruh dunia. Hari ini, banyak orang telah belajar tentang Wing Chun melalui superstar seni bela diri Bruce Lee atau melalui serial film Ip Man yang populer.

1 komentar: