Jumat, 30 November 2018

Cedera Saat Berolahraga

Sumber gambar: bola.rakyatku.com
Saat berolahraga tidak menutup kemungkinan kita akan mengalami yang kita kenal dengan cedera. Kali ini kita akan membahas penyebab cedera saat berolahraga. Kadang kita sudah melakukan gerakan yang benar dan sudah mengikuti instruksi berolahraga dengan baik. Namun tetap saja cedera. Hal itu disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu internal dan eksternal.
Internal merupakan faktor yang disebabkan pengaruh dari dari dalam atau diri pribadi yang melakukan olahraga. Ada beberapa faktor internal, yang pertama adalah faktor umur. Usia yang sudah tidak muda lagi sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik. Kedua, Tingkat latihan, intensitas latihan yang berlebihan dan latihan yang berat akan menambah resiko terjadinya cedera. Ketiga, Pemanasan yang dilakukan dengan tidak benar, pemanasan sangat penting dilakukan terlebih dahulu sehingga nantinya mengurangi resiko cedera.
Faktor eksternal yaitu cedera yang disebabkan oleh pengaruh dari individu. Diantaranya, kondisi lapangan, lapangan yang licin atau tempat yang tidak mendukung akan lebih mudah mengakibatkan cedera. Selanjutnya, sifat dari cabang olahraga. Setiap cabang olahraga memliki gerakan yang dominan, penggunaan otot yang berlebihan juga akan lebih mudah mengakibatkan cedera. Itulah bebera penyebab cedera saat berolahraga. Menghindari penyebab  terjadinya cedera akan lebih baik diperhatikan sebelum berolahraga. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar