Rabu, 14 Februari 2018

Minum dan Olahraga




Dalam berolahraga tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak karna itu tubuh juga akan mengeluarkan lebih  banyak cairan untuk proses pembakaran baik dari uap air maupun keringat. Untuk menghindari dehidrasi tentu dibutuhkan minuman sebagai cairan pengganti bagi tubuh. Lalu kapankah waktu yang baik untuk minum saat olahraga? 

(vemale.com.2004) waktu yang baik untuk minum saat olahraga adalah sebelum saat dan sesudah olahraga. Minum air paling tidak 2 gelas, satu atau setengah jam sebelum olahraga. Ini akan memberikan energi pada tubuh dan membuat Anda siap berolahraga. Lalu saat istirahat dalam olahraga minumlah air, usahakan minum setiap sekitar 15 menit jika anda sedang melakukan olahraga berat. Setelah olahraga sambil meregangkan otot, Anda bisa minum air untuk mengembalikan energi yang terkuras. Hal ini sangat baik, bukan hanya untuk membuang asam laktat dalam tubuh, namun juga mencegah kram otot.
Idealnya, Anda harus minum 250 ml air dalam waktu 30 menit setelah berolahraga. Meski minum air setelah olahraga adalah hal yang wajib untuk dilakukan, minum air putih terlalu banyak dapat menyebabkan hiponatremia.Hiponatremia adalah kondisi yang terjadi ketika darah Anda menjadi encer karena terlalu banyak minum air sehingga kadar natrium darah Anda turun drastis. Hal ini jarang terjadi pada orang dengan aktivitas normal, tapi terkadang terjadi pada atlet seperti pelari maraton yang mengonsumsi air sangat banyak selama dan sesudah berolahraga.

0 komentar:

Posting Komentar