Kamis, 04 Januari 2018

Apakah lemak bisa berubah menjadi otot saat berolahraga

Ada pendapat bahwa dengan berolahraga seperti berlari, angkat besi atau lainya dapat merubah tumpukan lemak ditubuh menjadi otot. Faktanya memang tak sedikit orang berolahraga seperti di gym mendapatkan tubuh yang kekar.  Lalu ,Apakah hal tersebut benar atau mitos.
                Lemak merupakan senyawa yang terdiri dari gliserol dan asam lemak, dan tersusun dari unsur karbon, hidrogen dan oksigen. Di dalam tubuh lemak disimpan dalam jaringan adiposa sebagai cadangan energi dan pengatur suhu tubuh. Lemak dapat diubah menjadi energi melalui proses katalisasi lemak, yaitu dengan mengurai asam lemak CH3(CH2)nCOOH menjadi melalui proses oksidasi menjadi asetyl koa. Asetil koa yang terdiri dari tiga atom karbon diubah menjadi energi melalui proses siklus kreb.
                Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang.Tubuh manusia tersusun dari sekitar 650 jenis otot, bahkan kategori normal untuk massa otot adalah setengah dari berat badan total.Otot akan mulai terbentuk saat setelah melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Saat melakukan hal tersebut, otot akan mengalami kerusakan mikroskopis sehingga memicu tubuh untuk membangun jaringan baru di lokasi otot yang rusak.
                Otot terdiri dari kumpulan sel yang mana sel terbentuk dari protein sebagai bahan utama, lemak dan beberapa senyawa lain.  Protein merupakan polipeptida yang merupakan rangkaian dari asam amino. Protein terdiri dari gugus karboksil(COO-), gugus amina (biasanya -NH2), atom hidrogen, dan kadang kala sulfur dan fosfor. Protein diperlukan tubuh untuk membentuk sel atau jaringan seperti otot. Tetapi tidak seperti lemak  tubuh tidak memiliki mekanisme untuk penyimpanan protein. Jadi protein berlebih akan diuraikan oleh tubuh. Gugus amina merupakan toksik bagi tubuh sehingga dibuang dalam bentuk amonia melalui feses atau kentut. Senyawa lainya akan diubah menjadi energi melalui proses siklus kreb jika tubuh kekurangan energi dan jika tidak akan diubah menjadi lemak.
                secara sederhana lemak tdak dapat berubah menjadi protein karna tidak memiliki gugus amina yang merupakan ssnyawa penting bagi protein melainkan lemak hanya dapat diubah menjadi energi. Sedangkan protein dapat diubah menjadi lemak karna memiliki atom karbon, hidrogen dan oksigen sehingga kelebihan protein juga dapat menyebabkan lebih banyak lemak. Alasan orang yang melakukan latihan fisik memperoleh peningkatan massa otot adalah karna latihan fisik akan merusak bagian otot yang lemah dan membentuk otot yang lebih kuat dengan mensintesis lebih banyak protein. Kesimpulanya dengan berolahraga tidak dapat merubah lemak menjadi otot tapi dapat membakar lemak menjadi energi dan otot juga dapat tercipta jika kita memaksa jaringan otot tersebut hingga rusak sehingga terbentuk otot baru yang lebih kuat.

0 komentar:

Posting Komentar